5 Budaya Indonesia Yang Tidak Boleh Kita Lupakan

  

5 Budaya Indonesia Yang Tidak Boleh Kita Lupakan

Buzz It
Kita sebagai orang Indonesia yang berbudi luhur pasti tau dgn budaya yg bakal gw sebutin ini, tp belakangan gw lihat udah mulai berkurang ya…
jadi gw coba angkat deh, supaya Anda mau mengembalikan budaya kita, menjadi budaya sesungguhnya!
1. Cium tangan
hormat
biasanya sih dibilang salim (?) ya gan? kalo TS sampai skrg pun stiap pergi slalu pamit ke ortu kaya gt, kalo ke nyokap, pake cepika cepiki pula , tapi ini penting lho gan, selain menanamkan rasa cinta kita sama ortu, cium tangan itu sebagai tanda hormat dan terima kasih kita sama mereka, sudahkah Anda mencium tangan ortu kalian?
2. Penggunaan tangan
Penggunaan tangan kanan
Di luar negeri, gw rasa ga ada masalah ya dengan ini, tp bukankah budaya kita menganjurkan penggunaan tangan kanan, dlm memberikan barang, berjabat tangan, ataupun saat makan (yang kidal pengecualian ya)
3. Senyum & Sapa
Senyuman
Ini Indonesia banget, dulu citra negara kita adalah negara yang ramah, murah senyum, jangan sampai hilang gan. Karena senyum itu ibadah, dan sapa itu menambah keakraban kita dengan sekitar kita percaya sama gw, ga ada ruginya kita lakuin itu.
4. Musyawarah
musyawarah
Boro-boro mau musyawarah, kenal sama pak RT aja nggak. Gausah RT deh, yakin gw banyak orang yang ga kenal sama tetangganya sendiri, no offense gw juga kaya gt soalnya gara gara sibuk kerja dan kuliah sampe malem. tp coba deh sesekali ada acara di lingk.rumah lo, lo ikut ngumpul, gausah lama lama, tp minimal lo kenal sama orang disekitar lo, dan bisa ngebantu memajukan lingk.rumah lo juga
5. Gotong Royong
kerja bakti
Kerja bakti, kasarnya. Jaman gw smp, di lingk.rumah gw sering banget ada kerja bakti hari minggu, ngebersihin parit / got lah, memangkas semak semak lah, atau minimal ngebersihin halaman rumah sendiri bersama sama. Sekarang? Ayolah, sebulan sekali pun gapapa kan gan, asalkan bisa mempererat persatuan Lingk.kita?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar